Rosella

Nama Lain : Hibiscus Sabdariffa L, H.Sabdariffa varaltissima, Rozelle, Red Sorrel, Sour-sour, Lemon Bush, Florida Cranberry, Oseille Rouge (Perancis), Quimbombo Chino (Spanyol), Karkadeh,Umumnya masyarakat indonesia mengenal dengan nama Rosela, Rosella,atau Roselle
(Hibiscus sabdariffa L).

Kelopak bunga Rosella dapat diambil sebagai bahan minuman segar berupa sirop dan teh, selai dan minuman terutama dari tanaman yang berkelopak bunga tebal, yaitu Rosella Merah, Kelopak bunga tersebut mengandung vitamin C, vitamin A dan asam amino yang diperlukan tubuh, diantaranya terdapat dalam kelopak bunga Rosella, termasuk raginin dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Selain itu Rosella juga mengandung protein dan kalsium.

Tumbuhan herba ini ternyata mampu berfungsi sebagai bahan antiseptic,penambah syahwat,agen astringen dan juga digunakan dalam pengobatan tradisional seperti batuk,lesu,demam,tekanan perasaan,gusi berdarah dan mencegah penyakit hati. Bunga Rosella banyak digunakan untuk pembuatan jus,saos,sirup dan juga sebagai bahan pewarna pada makanan.

Ekstrak dari kuncup bunganya mampu berfungsi sebagai antispasmodic (penahan kekejangan), antihelmik dan antibakteria. Selain itu ternyata Rosella mampu menurunkan kadar penyerapan alkkohol. Daun tumbuhan harba ini juga bisa digunakan untuk merawat luka, penyakit kulit dan gigitan serangga.

Rosella merupakan minuman elektrolit alami untuk menggantikan mineral yang hilang ketika kita beraktifitas. Rosella mempunyai beberapa kandungan yang sangat penting bagi tubuh antara lain:

(1) Efek dari anti hyperlipidemia dan anti oksidan LDL-nya dapat mencegah terjadinya penyakit kardiovaskuler yang penyebabnya adalah peningkatan dari kolesterol.
(2) Kandungan asam askorbat & glycolic memiliki kemampuan untuk meningkatkan buang air kecil (BAK).
(3) Asam sitratnya memiliki efek meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit.
(4) Riboflavin, Niacin, Carotene, Calcium & Zat Besi-nya dapat menurunkan level amonia, urea, asam urat, kreatin dan nitrogen non-protein dalam darah.
(5) Di Thailand dipakai sebagai teh untuk mengatasi kolesterol & di Amerika dipakai sebagai teh vitamin C.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s